Velocity 290 SC – Poker Menjalankan Amerika

Avatar

Velocity 290 SC yang populer dengan tempel Mercury Racing 450R mencapai 100 mph.

Oleh Mike Burns

Di Miami Boat Show pada tahun 1978, Velocity Powerboats meluncurkan desain lambung kapal atas bawah laut pertama di dunia dengan desain lambung kapal di lepas pantai. Lambung setinggi 30 kaki pada saat itu berjalan jauh lebih cepat daripada apa pun di kelasnya. Faktanya, pada tahun 1981 di Danau X, Velocity 30 dilaporkan menjadi kapal lepas pantai pertama yang berlari lebih dari 100 mph.

Maju cepat hingga hari ini, konsep desain lambung yang sama masih digunakan di semua kapal Velocity. Ada beberapa perubahan, namun. Pada tahun 2018, kepemilikan perusahaan berubah, dan Scott McCormick mengambil alih kemudi Velocity Powerboats, dan mulai mendesain ulang dan meningkatkan metode konstruksi beberapa model, termasuk Velocity 290 SC yang populer.

Pengukur Livorsi Marine Carbon Monster mengelilingi roda kemudi dan layar Simrad 7” adalah upgrade opsional.

290 SC ditawarkan dengan pilihan daya buritan dan tempel dari Mercury Marine dan Mercury Racing. Kapal uji kami dilengkapi dengan sepasang tempel Mercury Racing 400R dengan gearcase Sport Master. Gearcase Sport Master menawarkan daya tahan tugas berat untuk kapal yang melaju lebih dari 85 mph, dan memiliki fitur pickup air rendah dan desain ujung sabit yang memaksimalkan kecepatan dan efisiensi.

Salah satu keunggulan versi tempel 290 SC, adalah peningkatan ruang di kokpit. Di bagian depan, terdapat sepasang kursi power bolster yang kokoh, dan kursi bangku telah dipindahkan lebih jauh ke belakang untuk memungkinkan penumpang bergerak di sekitar kokpit dengan bebas. Kursi bangku dapat menampung tiga penumpang dengan nyaman, dan beberapa tali pegangan terletak di bawah kursi.

Velocity 290 SC menawarkan kabin yang luas dengan tempat tidur V, dapur kecil dengan kulkas, dan kepala tertutup.

Penambahan beberapa pegangan pegangan di kedua sisi kokpit akan menjadi tambahan yang disambut baik, terutama saat menikung. Pada model masa depan, Velocity berencana menawarkan bangku dengan posisi duduk yang dibentuk secara individual, atau kursi bangku dapat dihilangkan dan diganti dengan dua kursi guling tambahan.

Di belakang kursi bangku, palka listrik kecil mengungkap kompartemen mekanis yang menampung baterai, pengisi daya, dan komponen mekanis lainnya. Rigging kompartemen sangat mengesankan dengan semua perangkat keras ditata dan diamankan dengan cara yang berkualitas.

Pada transom, Velocity menyertakan fitur desain yang dipikirkan dengan baik dan menggabungkan ‘platform renang’ kecil, yang memanjang di kedua sisi outboards. Ekstensi kanan memiliki tangga langkah yang dapat ditarik untuk kemudahan naik saat berlabuh di bar pasir.

Helm dilengkapi dengan kemudi hidraulik penuh standar dengan bantuan daya, pengukur Livorsi Marine Carbon Monster, roda kemudi, dan indikator tab penggerak/trim digital. Kapal uji kami dilengkapi dengan kontrol mesin Mercury Racing, dan layar Simrad 7” opsional dengan navigasi dan pencari kedalaman. Model masa depan akan ditawarkan dengan Simrad 12”, yang akan membantu meningkatkan visibilitas layar, terutama pada kecepatan yang lebih tinggi.

Chris Ciasulli dari Gateway Marina menerima pengiriman tempel merkuri 450R pertamanya.

Di bawah, kabin memiliki tempat tidur V besar, kepala tertutup dengan wastafel dan pancuran, dan toilet portabel dengan pompa, kulkas Norcold. Fitur standar yang mengesankan untuk menambah kenyamanan, adalah AC siklus terbalik yang beroperasi dari 12V inverter.

Perahu uji kami terletak di Gateway, fasilitas penyimpanan kering 200 perahu canggih yang terletak di Hypoluxo, Florida, hanya seperempat mil di utara inlet Pantai Boynton. Keluar dari garis, kami berangkat ke Intercoastal Waterway untuk menempatkan 290 SC melalui langkahnya.

Kapten Mike Burns selama tes di Gateway Marina.

Dengan tab sepenuhnya di posisi bawah, dan mesin dimasukkan, 290 SC melompat dengan cepat ke pesawat dengan sedikit ventilasi dan bulu-bulu singkat dari throttle yang diperlukan. Dalam waktu kurang dari 10 detik, kami mencapai kecepatan jelajah yang nyaman. Titik manis untuk jelajah tampaknya berada di kisaran 4.300 hingga 4.500 rpm, yang akan menggerakkan Anda dengan kecepatan 45 hingga 48 mph. Perjalanannya sangat nyaman dan menikung terasa sangat aman, bahkan pada kecepatan yang lebih tinggi.

Mendorong throttle hingga berhenti, dan dengan beberapa penyesuaian trim, kami mencapai kecepatan tertinggi 92 mph. Perahu uji kami disangga agak konservatif selama hari uji coba kami. Selama uji coba sebelumnya di Danau X, dan dilengkapi dengan alat peraga Mercury Racing 33,5″, perahu uji kami mencapai kecepatan tertinggi 102 mph. Sebuah versi dari 290 SC yang dipasangi mesin kembar Mercury Racing 450R mencapai kecepatan tertinggi lebih dari 114 mph. Apa roket!

Fitur standar lainnya termasuk pelat Porta Jack, dan sistem stereo top-of-the-line. Berbagai macam pilihan grafis dari ringan hingga liar tersedia, dan tidak ada dua model yang akan terlihat sama. 290 SC yang kami uji adalah head turner mutlak yang berkinerja sangat baik, dan tidak mengherankan jika ini adalah salah satu model terlaris dari merek Velocity.

Kecepatan 290 SC
TINGGI: 28′ 6”
Balok: 8′ 2
Bahan Bakar: 100 galon

PERTUNJUKAN
Florida ICW – bahan bakar 50% – 3 orang di dalam pesawat.

RPM MPH GPH (per mesin)
3000 25,1 7
4000 48.1 11.2
5000 55,0 14.5
6500 81,4 35,1
7000 92,5 37
7040 102
n/a* Uji pabrikan di Danau X dengan Mercury Racing 33,5” Props

Untuk informasi lebih lanjut: speedboats.com

Author: Johnny Bailey