Beban Lebar – Poker Menjalankan Amerika

Avatar

Eliminator Boats melebarkan sayap dengan katamaran 33X Speedster barunya.

Oleh Gregg Mansfield

Mike Summers telah menjadi pendukung setia Eliminator Boats selama beberapa dekade, memiliki lambung kapal No. 1 dari katamaran 30 Daytona yang legendaris. Summers memiliki kapal katamaran selama 22 tahun sebelum memutuskan untuk pindah ke kapal katamaran baru dari pembuat kapal California Selatan.

Summers membeli 33X Speedster, kapal katamaran baru yang dikembangkan Eliminator Boats selama sekitar tiga tahun sebelum dirilis pada akhir tahun 2021. Model ini menjadi prioritas Presiden Eliminator Boats Jake Fraleigh setelah membeli perusahaan tersebut pada tahun 2018 dengan sekelompok investor.

“Kami telah berbicara tentang membuat kapal baru bersama selama beberapa tahun,” kata Summers. “Jake memberi tahu saya tentang desain baru, dan saya akan ke sana setiap tiga bulan untuk melihat bagaimana perkembangannya. Menonton dan melihat prosesnya, saya suka desainnya dan ternyata indah.”

33X Speedster dari Eliminator Boats adalah desain baru dan menampilkan palka sayap camar untuk memamerkan mesin Mercury Racing 700 SCI.

Sebagai pendahulu dari 30 Daytona, 33X Speedster (32′ LOA, 11′ 10”) lebih lebar 2 kaki dari penawaran serupa dari Eliminator Boats. Balok tambahan meningkatkan pengendaraan dan stabilitas, terutama di air yang lebih kasar.

“Kami membuat kapal ekstra lebar untuk mengemas lebih banyak udara,” kata Fraleigh. “Perahu dapat menangani air yang lebih deras dan melaju sangat datar. Begitu Anda melebar, Anda tidak akan pernah ingin kembali ke perahu yang lebih sempit.”

Speedster 33X yang diperiksa Poker Runs America di Lake of the Ozarks pada akhir Agustus dilengkapi dengan sepasang mesin Mercury Racing 700 SCI dengan drive M6. Opsi tenaga mesin kembar tambahan termasuk paket 565-, 600-, 860- dan 1.100-tenaga kuda dari Mercury Racing dan opsi daya khusus dari Teague Custom Marine. 33X Speedster hanya ditawarkan dengan buritan.

Pengerjaannya sangat indah dengan peningkatan topi penuh yang membutuhkan tambahan 600 jam kerja.

Gabungan 1.400-hp di perahu Summers bagus untuk kecepatan tertinggi 140 mph tetapi Summers menghabiskan sebagian besar waktunya untuk berlari antara 70 dan 110 mph.

“Saya selalu menginginkan turnkey dan itulah yang ditawarkan paket ini,” kata Summers. “Kecepatan memang bagus, tetapi jika Anda tidak berlari, Anda tidak melakukan apa-apa. Kami memiliki (Merkurius) 500HP di yang lain dan mereka berjalan selamanya. Ini adalah langkah selanjutnya yang saya rasa paling bisa diandalkan.”

Summers pergi dengan upgrade topi penuh pada 33X Speedster, dan pengerjaannya adalah barang-barang rak paling atas. “Dibutuhkan sekitar 600 jam kerja,” kata Fraleigh. “Semuanya dilakukan di gelcoat, dan juga memiliki grafik asimetris.”

Eliminator membangun 33X Speedster menggunakan jadwal laminasi vinil-ester dengan Core Lite PVC (kayu kelas laut tersedia) yang dilaminasi pada 1208 Knitex untuk sekat dan lantai. Busa T240 digunakan untuk transom, dan inti balsa dan busa Diab ditambahkan untuk memperkuat liner palka dan area lainnya.

33X Speedster memiliki profil yang lebih rendah dan kaca depan yang lebih kecil daripada katamaran lain dalam kisaran ukuran.

Eliminator menggunakan kaca depan yang lebih kecil untuk menyediakan lebih banyak udara untuk kokpit dan dek sekarang memiliki profil yang lebih rendah.

“Banyak pesaing ini menggunakan kaca depan yang besar dan besar dengan aliran udara yang tidak banyak,” kata Fraleigh. “Kami biasanya berperahu dalam cuaca seperti hari ini yang benar-benar lembap dan hangat, dan Anda menginginkan aliran udara itu sehingga benar-benar nyaman.”

Model ini tersedia dalam konfigurasi dek tertutup, haluan terbuka, walk-through dan walk-off. Summers memilih versi haluan tertutup dengan kabin kecil yang terselip di bawah geladak.

“Kami mendapat banyak permintaan dari pelanggan kami untuk melakukan apa yang kami sebut perahu geladak hibrida, tetapi mereka tidak ingin menyebutnya perahu geladak,” kata Fraleigh. “Kita bisa melakukan haluan terbuka untuk berperahu di danau. Itu sangat praktis, terutama untuk orang-orang yang lebih berorientasi pada keluarga.”

Kokpit terdiri dari dua kursi bucket dengan ketinggian yang dapat disesuaikan di depan dan empat kursi bucket individual di belakang. Tangga sempit di tengah menyediakan akses ke jendela di atas pintu. Salah satu fitur favorit kami adalah palka sayap camar untuk memamerkan mesin Mercury Racing 700 SCI dan pengerjaan kompartemen mesin. Marine Industry West menyediakan engsel khusus untuk palka.

Ini tidak sering Anda akan menemukan bagian atas Bimini pada katamaran 140-mph tetapi Speedster 33X ini memiliki satu yang tersimpan dengan baik. Naungan adalah suatu keharusan bagi Summers, yang melakukan sebagian besar berperahu di Danau Havasu Arizona, saat nongkrong di saluran atau gundukan pasir.

“Kami sangat senang dengan hasilnya, sangat bahagia,” kata Summers. “(Saya) suka warnanya, suka skema dan interiornya sampai setir. Saya hanya menyukainya.”

Kapal Eliminator, 951-332-4300 www.eliminatorboat.com

Author: Johnny Bailey